Memilih Jenis Investasi

Investasi bisa diartikan kegiatan menanam modal dengan harapan dikemudian hari modal tersebut bertambah besar dengan berbagai keuntungan. Investasi bentuknya bisa langsung maupun tak langsung dengan perantara pihak ketiga,

Arti lain dalam KBBI yaitu sebuah penanaman modal atau uang pada suatu proyek atau perusahaan dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Selain mendapatkan keuntungan dimasa yang akan datang, investasi sering pula dikaitkan dengan spekulasi.

Investasi pada dasarnya terbagi menjadi dua yaitu physical investment dan financial investment. Physical investment ini investasi bentuk real atau dapat dipegang seperti emas batangan, properti, tanah, dan lainnya. Adapun arti dari financial investment bisa diartikan investasi bentuk keuangan yang tidak dapat dipegang atau disentuh seperti reksadana, saham, dan lainnya. Yuk simak tentang panduan memilih jenis investasi berikut ini

Jenis – Jenis Investasi

  1. Investasi Reksadana

Reksadana adalah salah satu investasi yang mungkin sangat cocok bagi pemula. Asalkan saja mengikuti apa yang sudah menjadi ketentuan dan terus belajar, dikemudian hari akan menjadi seorang investor handal.

Ada beberapa jenis investasi reksadana yang perlu kamu ketahui terlebih dulu. Pilih salah satu yang menurut kamu menjadi yang paling dikuasai dan nyaman dijalankan. Kenapa mesti nyaman? ya untuk menjaga ritme belajar kamu lebih lanjut tentang jenis investasi reksadan yang kamu pilih.

Semakin banyak pengalaman semakin mahir untuk investasi reksadana dan membuat keuntungan yang banyak dikemudian hari.

  1. Investasi Saham

Jenis Investasi berikutnya ada investasi saham. Salah satu jenis yang sangat digemari oleh kaum muda untuk terjun di dunia investasi.

Selain mudah, pilihan saham pun bermacam-macam. Perusahaan ternama hingga yang baru landing di bursa saham. Spekulasi investasi jenis ini sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi harga naik atau turun dikemudian hari.

Baca juga: Software Minimarket mirip Alfamart & Indomaret

  1. Investasi Emas

Investasi emas tergolong mudah dilakukan oleh pemula. Jenis investasi fisik ini cenderung mempunyai nilai kenaikan daripada penurunan. Harga emas yang cenderung stabil membuat banyak orang memulai investasi emas batangan menjadi pilihan strategis.

Antam adalah salah satu perusahaan yang menyediakan jual beli emas batangan realtime. Mulai dari berat 0.5 gram hingga 1 kg yang membuat leluasa konsumen untuk memilih.

  1. Investasi Properti

Satu lagi jenis investasi fisik yang bisa kamu mulai. Investasi properti ini mempunyai nilai yang cukup tinggi dengan modal yang tidak sedikit. Dengan kenaikan properti dari tahun ke tahun memungkinkan investasi akan sangat menguntungkan.

Properti jenis rumah, ruko dan kos tidak hanya menghasilkan saat dijual saja namun bisa disewakan. Untuk harga sewa sendiri berbeda-beda ditiap tempat tergantung dari potensialnya untuk menjadi tempat bisnis.

Baca juga :: Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil

Nah itulah jenis-jenis investasi yang bisa kamu mulai dari sekarang. Jika masih cekak dana mulailah dari investasi keuangan dengan memperhitungkan kebaikan dimasa depan. Sebaliknya jika kamu punya dana besar investasi properti lebih menjanjikan untuk kedepannya.

Semoga sukses…

Share Artikel Ini!!!

Leave a Reply