Cara Membuat Barcode

Cara membuat Barcode, Cetak Barcode dan Label harga pada sebuah software tentu sangat penting guna digunakan pada rak yang berisi barang. dengan penggunaan label memungkinan pelanggan mudah untuk mengetahui harga. Kita bisa melihat label harga yang disertai barcode pada tatakan di minimarket.

Selain memudahkan pelanggan, Juga memudahkan pula anda sebagai pelaku usaha untuk meng-scan pada saat penjualan dan input data barang. Terus bagaimana untuk barang yang belum ada barcode? Yup ini masalah kecil yang bisa diselesaikan dengan menggunakan software minimarket. Dengan adanya fitur Barcode dan label memungkinan anda untuk bisa membuat barcode sendiri dengan kode yang ditentukan.

Pengertian Barcode dan Label

Label dalam kaitannya dengan barang bisa berarti sejumlah keterangan yang ada didalam kemasan barang, Minimal memuat nama dan harga barang. Kita lihat disini Label barang disetiap Toko atau minimarket ada nama barang dan harga serta barcode. Nah itu menunjukan sebuah pengertian yang harus pelanggan tahu tentang apa isi barang tersebut.

Kemudian untuk Barcode yang aslinya berasal dari bahasa Inggris bisa berarti Batangan Kode. Jadi Barcode adalah Kumpulan data Optik yang bisa dideteksi oleh mesin entah itu scan barcode atau teknologi smartphone dengan berbentuk garis spasi atau bisa juga berbentuk bulatan. Fungsi dari barcode jelas untuk mempermudah dalam scanning barang di toko. Atau bisa juga mempermudah pelanggan dalam mengetahui spesifikasi barang.

Cara membuat Barcode Sendiri

Kita biasanya menjumpai barang yang belum ada barcode dan label. Nah itu menjadi sulit untuk diketahui oleh pelanggan maupun karyawan. Untuk mempermudah itu semua kami sarankan untuk menggunakan software minimarket sebagai dasar untuk pembuatan barcode dan label. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat barcode dengan menggunakan aplikasi kasir minimarket .

  • Buka Aplikasi Minimarket dan buka data master barang, Klik tambah
  • Isikan data barang dan jangan lupa isi kode barcode Terserah anda. barcode barang
  • Setelah itu klik kanan pada data barang dan cari Barcode dan label cetak barcode barang
  • Kemudian cari barang yang ingin dicetak barcode dan labelnya cetak barcode toko
  • Klik tanda >> untuk memindahkan data barang yang ingin di cetak
  • List barang sudah pindah sekarang cek setting kertas untuk cetak  cara membuat barcodesetting cetak barcode
  • Klik OK dan akan tampil sebagai berikut tinggal klik icon printprint barcode

Nah itulah cara membuat barcode dan label barang. Di label ada keterangan nama barang, Harga barang dan Barcode barang yang bisa di scan dengan alat.

Manfaat membuat Barcode

Barcode secara umum memaksimalkan penjualan serta kerja karyawan. Input manual tanpa adanya barcode juga lebih lama. nah beberapa manfaat barcode dibawah ini bisa jadi pertimbangan anda untuk menggunakan software toko untuk transaksi usaha anda.

  1. Transaksi penjualan disetiap kasir akan semakin cepat karena hanya scan barcode saja sudah muncul di layar penjualan.
  2. Input data barang jadi lebih mudah.
  3. Cek stok atau opname barang jadi lebih mudah.
  4. Mempermudah pelanggan untuk mengetahui harga update dari barang.

Nah demikian cara membuat barcode dan label barang dengan cetak langsung di software minimarket. Semoga bermanfaat untuk usaha anda. Terima Kasih.

Suka hal mengenai Teknologi, Suka Nonton Anime & Baca Komik, Tertarik tentang Peternakan & Perikanan.

Tinggalkan komentar