Situs Tekno Terkini
Umum  

Bidang-bidang Akuntansi dan Manfaatnya

bidang akuntansi
pengusaha yang bekerja di kantor dengan menggunakan kalkulator / @foto: Gettyimages

SoftwareIndonesia.id, Bidang-Bidang Akuntansi – Akuntansi adalah salah satu bidang yang penting untuk kehidupan. Pengaturan akuntansi yang pas bisa menimbulkan konsekuensi yang positif. Kini mimin akan menjelaskan beberapa hal yang berkaitan dengan akuntansi mulai dari sudut pandang, manfaat dan bidang-bidang akuntansi.

Akuntansi dari sudut pengguna

Akuntansi merupakan disiplin ilmu yang di dalamnya menyediakan berbagai informasi yang akan digunakan untuk melakukan evaluasi terhadap aktivitas ekonomi agar bisa lebih efisien. Informasi yang dibutuhkan tersebut nantinya akan digunakan untuk menciptakan pengamatan, perencanaan secara efektif dan juga untuk melakukan pengambilan keputusan ekonomi yang dilakukan oleh manajemen.

Akuntansi dari proses kegiatan

Akuntansi merupakan proses pencatatan, pengelompokan, dan pelaporan serta analisa terhadap informasi yang berkaitan dengan keuangan perusahaan. Adapun tugas kompleksnya mencakup 3 hal, yaitu:

  1. Berkaitan dengan informasi yang relevan terhadap keputusan yang didapat.
  2. Memproses maupun menganalisa data-data yang diperlukan.
  3. Mengolah suatu informasi sehingga bisa menjadi informasi yang akurat sehingga bisa dimanfaatkan untuk melakukan pengambilan keputusan.

Baca juga: Software Akuntansi : 3 Aplikasi Terbaik Untuk Bisnis Anda

Manfaat Akuntansi

Ada beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari akuntansi, antara lain:

  • Sebagai informasi yang berkaitan dengan keuangan yang diperlukan bagi pihak yang membutuhkan.
  • Digunakan sebagai faktor keuangan yang nantinya bisa dipertanggungjawabkan.
  • Materi penilaian keuangan
  • Digunakan untuk membantu dalam hal pencatatan ekonomi keluarga.

Bidang-bidang Akuntansi

Akuntansi Keuangan atau Financial Accounting

Bidang ini berkaitan dengan akuntansi terhadap bagian ekonomi secara totalitas. Bidang ini berhubungan dengan pelaporan keuangan yang diperlukan untuk pihak di luar perusahaan. Informasi yang didapatkan bersifat general purpose atau informasi serba guna.

Pemeriksaan Akuntansi

Auditing atau pemeriksaan akuntansi adalah bidang yang digunakan untuk memeriksa perolehan pencatatan dan juga informasi keuangan lembaga, baik berhubungan dengan lembaga maupun perusahaan. Bidang ini berhubungan dengan audit yang dilakukan dengan bebas terhadap informasi yang diperoleh akuntansi keuangan.

Akuntansi Manajemen

Merupakan akuntansi memberikan informasi kepada manajemen agar dapat melakukan usahanya. Salah satu manfaatnya yaitu untuk mengendalikan kegiatan perusahaan, membandingkan berbagai alternatif untuk pengambilan keputusan, dan juga untuk memantau arus kas.

Akuntansi Perpajakan

Bidang ini berkaitan dengan perpajakan yang harus dibayar oleh seseorang maupun perusahaan kepada pemerintah.

Akuntansi Pendidikan

Bidang yang berwujud jasa pendidikan mengenai akuntansai kepada masyarakat dengan melalui berbagai badan pengajar agar nanti bisa menghasilkan seorang tenaga ahli di bidang akuntansi dan juga seorang profesional.

Sistem Akuntansi

Bidang yang melakukan berbagai kegiatan dengan merancang sebuah aturan mengenai pelaksanaan pencatatan akuntansi dengan tujuan agar efisien, aman, serta efektif.

Baca juga: Memilih program Akuntansi Terbaik

Akuntansi Pemerintahan

Akuntansi keuangan yang diterapkan di pemerintahan dengan tujuan untuk menyajikan berbagai informasi tentang keuangan dan juga pengendalian keuangan negara atau pemerintah. Diharapkan agar nanti bisa mengatur administrasi keuangan negara secara baik.

Budgeting

Budgeting atau penganggaran adalah bidang akuntansi yang berperan dalam yang berkaitan dengan penyusunan anggaran, baik biaya dasar maupun biaya pendapatan.

Nah itulah sedikit pengetahuan tentang bidang akuntansi yang selama ini belum anda ketahui. Jika ada kritik dan saran tentang artikel ini bisa sampaikan lewat kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.