Beberapa Cara Strategi Branding yang Tepat

Strategi branding banyak dilakukan oleh corporate maupun perseorangan dalam membangun sebuah usaha. Sedangkan Branding adalah sebuah proses untuk mengenalkan produk, layanan, dan semua hal positif yang ada untuk menciptakan persepsi pada pikiran pelanggan.

Strategi branding dilakukan dengan beberapa tahapan dan cara sehingga mampu merebut hati pelanggan untuk menggunakan layanan atau produk yang ditawarkan.

Contoh strategi branding bisnis online yang sukses saat ini adalah belanja online di shopee. Belanja online “gratis ongkir” pasti teringat shopee. Strategi ini jelas membuat penafsiran orang akan langsung tertuju pada satu layanan. Contoh lain bisa melihat brand pepsodent, orang menyebut pasta gigi dengan pepsodent. Karena memang pepsodent ini melekat dihati masyarakat.

Baca juga : Usaha Modal Kecil Untung Besar tahun 2021

Agar Branding sukses, ada beberapa strategi branding yang perlu dilakukan secara kontinu seperti berikut ini:

1. Gunakan Logo yang tepat

Walaupun tidak mengungkapkan kata namun logo sangat penting dalam dunia bisnis. Setiap produk atau layanan lebih baik menggunakan logo yang tepat dengan isi yang dijual. Seperti pada logo browser, kebanyakan menggunakan logo bulat seperti dunia. Ini mengandung arti jika berselancar di internet bisa seluas mengarungi dunia.

Bentuk Logo pun menyesuaikan dengan kondisi perusahaan atau bisa saja mencerminkan perusahaan.

2. Pasang Logo pada setiap iklan dan produk

Hal berikutnya yang bisa menjadi sebuah strategi branding adalah dengan memasang logo pada setiap produk dan iklan. Ini akan semakin mendekatkan dengan pelanggan. Walau bagaimanapun pelanggan tidak sengaja melihat logo yang ada di produk atau iklan. Dengan Logo ini semakin memperbesar peluang agar lebih dikenal oleh orang dikemudian hari.

Contoh konkrit seperti pada Logo perusahaan di kemasan minyak Goreng. Ada beberapa minyak goreng berbeda merek namun diatas naungan satu perusahaan. Ini menandakan kalau tidak hanya merek itu yang bagus tapi merek ini juga bagus secara satu perusahaan.

3. Tagline

Penggunaan tagline sedikit telah dijelaskan pada awal tadi. Memang tagline atau pesan brand ini sangat ampuh untuk melekatkan brand awareness pada setiap orang. Seperti pada produk susu Dancow. Tagline yang masih bertahan hingga kini masih melekat dipikiran masyarakat. Tagline “Aku dan kau suka dancow” memberikan pemaknaan jika susu dancow disukai oleh aku dan kau. Membangun image jika disukai oleh anak-anak pada umumnya karena iklannya pun menampilkan anak-anak.

4. Konsisten

Strategi branding tidak hanya dilakukan satu dua kali saja, tetapi juga sepanjang waktu untuk terus bisa menanamkan persepsi positif pada pelanggan. Jangan sampai branding sekali untuk sepanjang waktu bisa dilaksanakan dengan baik. Itu menjadi momok buruk bagi anda jika memang melakukannya.

Sadari dari sekarang jika branding memang sangat penting untuk mengenalkan pada pelanggan. Upgrade terus ilmu tentang pemasaran sehingga produk dan layanan anda semakin banyak dikenal orang.

Baca juga: Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil

Nah itulah strategi branding yang mungkin bisa anda lakukan untuk memancing lebih banyak pelanggan. Semoga bisa membantu.

Share Artikel Ini!!!

Leave a Reply